Popular Posts

Mahabharata

Mahabharata

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Artikel ini adalah tentang epik Sansekerta. Untuk kegunaan lain, lihat Mahabharata (disambiguasi).

Mahabharata atau Mahabharata (Sansekerta: महाभारतम्, Mahābhāratam, diucapkan [məɦaːbʱaːrət̪əm]). Adalah salah satu dari dua epos besar Sansekerta India kuno, yang lainnya adalah Ramayana.

mahabharata
Selain narasi epik Perang Kurukshetra dan nasib dari Korawa dan para pangeran Pandawa, Mahabharata berisi materi filosofis dan renungan, seperti pembahasan tentang empat "tujuan hidup" atau purushartha (12,161). Di antara karya-karya pokok dan cerita dalam Mahabharata adalah Bhagavad Gita, kisah Damayanti, versi singkat dari Ramayana, dan Rishyasringa, sering dianggap sebagai karya di kanan mereka sendiri.

Secara tradisional, kepengarangan Mahabharata tersebut diberikan untuk Vyasa. Ada banyak upaya untuk mengungkap pertumbuhan historis dan lapisan komposisi. Diawetkan bagian tertua dari teks dianggap tidak jauh lebih tua dari sekitar 400 Sebelum Masehi, meskipun asal-usul epik mungkin jatuh antara tanggal 8 dan 9 berabad-abad SM. Teks mungkin mencapai bentuk akhirnya pada awal periode Gupta (c. abad 4 Masehi). Judul "Mahabharata" dapat diterjemahkan sebagai "kisah besar dari dinasti Bharata". Menurut Mahabharata itu sendiri, kisah ini diperpanjang dari versi pendek dari 24,000 ayat disebut hanya Bharata.

Mahabharata adalah puisi epik terpanjang dikenal dan telah digambarkan sebagai "puisi terpanjang yang pernah ditulis". Versi terpanjang terdiri dari lebih dari 100.000 shloka atau lebih dari 200.000 baris ayat individu (masing-masing shloka adalah bait a), dan bagian prosa lama. Sekitar 1,8 juta kata di total, Mahabharata kira-kira sepuluh kali panjang Iliad dan Odyssey gabungan, atau sekitar empat kali panjang Ramayana. WJ Johnson telah membandingkan pentingnya Mahabharata ke dunia peradaban itu Alkitab, karya-karya Shakespeare, karya-karya Homer, drama Yunani, atau Al-Qur'an.

Sejarah tekstual dan struktur

Epik secara tradisional dianggap berasal bijak Vyasa, yang juga tokoh utama dalam epik. Vyasa menggambarkannya sebagai itihāsa (sejarah). Dia juga menjelaskan Parampara Guru-Shishya, yang jejak guru semua besar dan siswanya kali Veda.

Bagian pertama dari Mahabharata menyatakan bahwa itu adalah Ganesha yang menuliskan teks ke dikte Vyasa ini. Ganesha dikatakan telah sepakat untuk menulis hanya jika Vyasa tidak pernah berhenti dalam bacaannya. Vyasa setuju dengan syarat bahwa Ganesha membutuhkan waktu untuk memahami apa yang dikatakan sebelum menuliskannya.

Epik ini mempekerjakan cerita dalam struktur cerita, atau dikenal sebagai frametales, populer di banyak karya agama dan non-agama India. Hal ini dibacakan oleh bijak Vaisampayana, seorang murid Vyasa, kepada Raja Janamejaya yang merupakan cicit dari Pandawa pangeran Arjuna. Kisah ini kemudian dibacakan kembali oleh pendongeng profesional bernama Ugrasrava Gaya, bertahun-tahun kemudian, untuk satu himpunan bijak melakukan pengorbanan 12 tahun untuk raja Saunaka Kulapati di Naimisha Forest.

Teks telah digambarkan oleh beberapa abad ke-20 Indologis barat awal terstruktur dan kacau. Hermann Oldenberg seharusnya bahwa puisi asli harus sekali telah melakukan suatu besar "kekuatan tragis" tetapi menolak teks lengkap sebagai "kekacauan yang mengerikan." [10] Moritz Winternitz (Geschichte der indischen Literatur 1909) menganggap bahwa "hanya theologists unpoetical dan ahli-ahli Taurat kikuk "bisa disamakan bagian asal yang berbeda ke seluruh unordered.
<

No comments:

Post a Comment